Merapi

Merapi di Pagi Hari (Kalitengah Lor, Jan 2008)

Halaman ini menjelaskan kegiatan / studi terkait dengan Merapi. Selain itu juga, update tentang kegiatan Merapi juga bisa dilihat di bagian kategori Merapi.

Studi yang sudah dilakukan adalah studi tentang resiko awan panas yang sudah dilakukan oleh Wahid Doddy.

Saat ini ada beberapa studi yang sedang berjalan (dari anggota milist) yang terkait dengan Merapi. Mungkin ada baiknya jika dibuat daftarnya berikut:

  1. Taufiq, sedang menulis tesis master tentang evakuasi di Merapi. Mengaitkan antara jarak ke lokasi pengungsian dengan berapa jumlah angkutan (truk pengungsi?) yang diperlukan dari dusun-dusun ke tempat pengungsian. Taufiq akan menyelesaikan penelitian pada tahun ini.
  2. Pungky, sedang menulis tesis master tentang tingkat kerawanan sosial (social vulnerability) dengan menggunakan indeks yang digagas oleh Prof Susan L Cutter (Univ of South Carolina) di Merapi. Studinya menarik untuk disimak. Pungky juga akan menyelesaikan penelitian pada tahun ini. Pungky menggunakan Principal Component Analysis sebagai alat analisis.
  3. Risye, sedang menulis tesis master tentang persepsi resiko pada anak-anak dan bagaimana bentuk pendidikan bencana yang tepat, mengambil dua SD sebagai studi kasus. Kemungkinan akan melakukan studi perbandingan dengan riset yang juga sedang berjalan di Kyoto.
  4. Saut, sedang menulis tesis doktoral terkait tentang persepsi resiko, persiapan-persiapan dan manfaatnya untuk komunikasi resiko bagi masyarakat di Merapi. Sejauh ini mengambil kasus di empat belas dusun sebagai studi kasus dan mencoba memodelkan faktor-faktor yang mempengaruhi orang di dalam mengambil keputusan terkait dengan persiapan-persiapan mengurangi resiko bencana. Analisis Structural Equation Modeling digunakan sebagai alat analisis utama dalam riset ini.
  5. Ikhsan, sedang menulis tesis doktoral terkait dengan pemodelan sedimentasi di Merapi dari bagian hulu hingga hilir. Selain itu sisi sosial juga menjadi salah satu perhatiannya dengan memasukkan aspek persepsi para penambang pasir.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: