Waspadai Gelombang Tinggi di Jabar Selatan

June 3, 2008 at 3:14 am | Posted in Banjir, Jawa Barat | Leave a comment
Tags:

sumber: Pikiran Rakyat

BANDUNG, (PR).-
Selama satu pekan ke depan, masyarakat pesisir pantai perlu mewaspadai terjadinya gelombang pasang (rob). Sebab, pada periode 3-8 Juni 2008 mendatang, gaya tarik bulan (tidal) berada pada tekanan tinggi yang mempengaruhi terjadinya air laut pasang.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Kelas I Bandung Hendri Subakti ketika ditemui di kantornya Jln. Jurang Bandung, Senin (2/6).

“Kejadian pasang air laut terjadi tidak terbatas pada satu wilayah, tetapi pada sejumlah kawasan di Indonesia. Terutama akan signifikan terlihat pada pantai yang datarannya landai,” ujarnya.

Gelombang laut setinggi 2-2,5 m berpotensi terjadi di perairan Aceh Barat dan Laut Jawa. Pada Laut Andaman, Sumatra Barat, dan Mentawai diperkirakan akan terjadi gelombang setinggi 2,5-3 m yang berbahaya bagi kapal nelayan dan tongkang.

Kawasan Samudra Hindia bagian selatan Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Laut Banda berpotensi terjadi gelombang setinggi 3-4 m. “Mampu atau tidaknya melakukan pelayaran tergantung dari pertimbangan awak melihat kekuatan kapal dan nakhodanya. Namun, jika terjadi gelombang setinggi itu, akan sangat berbahaya bagi semua jenis kapal,” katanya.

Sementara itu, Bank Dunia melansir, potensi gelombang pasang yang terjadi periode 3-8 Juni 2008 akan mencapai titik ekstrem akibat siklus astronomi ketika Matahari dan Bulan berada dalam satu garis lurus. Air laut pasang secara ekstrem merupakan siklus 18,6 tahun dan terjadi di seluruh dunia. Potensi gelombang laut tinggi pada 3-4 Juni timbul akibat besarnya angin.

Namun, Hendri menyatakan, siklus pasang surut (pasut) air laut bisa terjadi setiap saat, baik harian, bulanan, maupun tahunan. Kejadian gelombang pasang biasanya terjadi karena dipengaruhi tekanan tidal, tiupan angin, ataupun resonansi gelombang di daerah pantai.

“Jika gelombang pasang terjadi karena tidal dan simultan dengan embusan angin yang cukup besar, ini berpotensi memengaruhi gelombang pasang yang lebih tinggi,” ucapnya.

Pada periode tersebut, angin berkecepatan 5-50 km/jam. Kecepatan angin diperhitungkan secara rata-rata pada permukaan laut.

Kemarau

Sementara itu, sebagian besar wilayah Jawa Barat sudah memasuki musim kemarau. Meski Kota Bandung masih dilanda hujan beberapa kali, curah hujan tidak terlalu signifikan dan hanya mencapai kurang dari 50 mm selama dasarian ke-4 Mei 2008 (10 hari terakhir).

“Hujan yang terjadi sudah masuk musim kemarau karena curahnya tidak lebih dari 50 mm pada tiap dasarian. Yang harus dihadapi ke depan, masa kekeringan saat musim kemarau melanda Jabar,” kata Hendri.

Daerah yang berpotensi terjadi kekeringan, menurut dia, di antaranya kawasan Bandung Timur, Sumedang barat, Sumedang selatan, Indramayu tengah dan utara, serta Subang timur.

“Pada saat musim kemarau, suhu meningkat dan udara akan kering sehingga potensi kebakaran akan meningkat dan cepat meluas,” katanya.

Hendri mengimbau, masyarakat petani tidak melakukan pembakaran lahan untuk menghabiskan sisa panen secara cepat.

Api kecil yang tertiup angin akan mudah menyulut kebakaran, terutama jika terembus sampai ke dalam hutan. Pemakaian kompor secara berlebihan pada siang hari juga menyulut terjadinya kebakaran.

Khusus untuk Bandung Timur, tipe hujan di kawasan tersebut menampung curah hujan paling sedikit di antara kawasan Bandung lainnya. Oleh karena itu, dia menganjurkan masyarakat di kawasan tersebut belajar menghemat air dan menampung sebanyak mungkin air hujan melalui sumur resapan. “Jangan biarkan air hujan hanya melimpas dan akhirnya bermuara di laut. Lebih baik masyarakat memperbanyak sumur resapan agar air terserap lebih banyak dan menambah potensi pengairan untuk Bandung Timur,” ujarnya. (A-158)***

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: